Kayu Manis sangat baik untuk kesehatan perut (SHUTTERSTOCK)
Kayu Manis Bermanfaat untuk Kesehatan Lambung dan Usus
Jumat, 22 Desember 2017 - 20:03 WIB


Ayunda Pininta

Kompas.com/Jakarta

KOMPAS.com - Sebuah penelitian melaporkan manfaat tak terduga dari konsumsi kayu manis, yaitu efektif mendinginkan suhu perut yang akhirnya memperbaiki kesehatan pencernaan.

Makan kayu manis, yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dinilai peneliti dapat menurunkan kadar karbon dioksida pada perut yang baru saja makan besar. Membuat suhu perut dan tubuh menjadi lebih dingin, sehingga membuat pencernaan bekerja dengan baik.

Walau penelitian ini dilakukan pada babi, namun peneliti menekankan bahwa efek yang sama juga dapat terjadi pada manusia.

“Terlebih lagi, kayu manis dapat melindungi dinding lambung dan usus kecil, ini akan membantu usus dalam menyerap nutrisi makanan dengan baik dan konsisten," papar peneliti Kourosh Kalantar-zadeh kepada Huffington Post.

Dan pada babi yang makan kayu manis, terlihat peningkatan yang signifikan dalam kesehatan secara keseluruhan.

Para peneliti percaya kalau kayu manis dapat menurunkan kadar asam lambung dan pepsin di dalam usus, sehingga membantu aliran darah di dinding perut, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan lambung dan usus.

Tentu saja, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah semua itu benar-benar berlaku pada manusia.

Namun, Kalantar-zadeh mengatakan bahwa 1 gram kayu manis sehari dapat menghasilkan manfaat kesehatan pada manusia. Sebaliknya, makan 6 gram kayu manis atau lebih dalam sehari justru dapat menjadi racun bagi tubuh.

Artikel Terkini

Bonggol-bonggol Tua Penanda Sejarah

Kamis, 18 Januari 2018 - 10:59 WIB

Mengamankan Selat Malaka

Rabu, 17 Januari 2018 - 18:08 WIB

Dahulu Diperebutkan, Kini Terpinggirkan

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:22 WIB