Temuan arkeologis menunjukkan Kota Cina diduga kuat menjadi pelabuhan penting pada abad ke-12 hingga abad ke-14, MAHANDIS Y. THAMRIN/NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA)
Sriwjaya, Kedatuan yang dikenal Dunia
Selasa, 19 Desember 2017 - 09:20 WIB

Jalur Rempah/Jakarta

Seperti yang kita tahu, kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan dengan dua pusat perdagangan yang dikenal oleh bangsa barat, Cina, India, maupun Arab.

Mempunyai Palembang dan Jambi sebagai pusat perdagangan, maka tak heran jika kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan termahsyur pada zamannya.

Dengan dua pusat perdagangan dan lokasi yang strategis inilah Sriwijaya memikat para penjelajah untuk datang dan memperjual belikan dagangan mereka di sini.

Selain lokasi pusat perdagangan dan lokasi strategis yang dapat dilewati oleh penjelajah, Sriwijaya juga mempunyai lima langkah strategis dalam membangun kekuatan dan kekuasaanya.

Yang pertama adalah para maharaja Sriwijaya berupaya memudarkan pengaruh kerajaan-kerajaan pelabuhan pesisir di Sumatra, semenanjung Malaya serta Jawa. Hal ini bertujuan untuk mengonsentrasikan kegiatan pelayaran dan perdagangan maritim, khususnya di kawasan Barat Nusantara.

Kedua, mengontrol jalur pelayaran dan perdagangan dari Nusantara maupun ke Nusantara dengan menguasai dua pintu utama yaitu Selat Malaka dan Selat Sunda

Ketiga, menjalin hubungan niaga dan politik dengan kerajaan-kerajaan yang telah ditaklukan oleh Sriwijaya. Tidak hanya dari sisi kekuatan militer, tetapi juga cara Sriwijaya berhubungan politik, keluarga yang kompleks, dan kekuatan maritime untuk menguatkan dan mempertahankan kesatuan wilayah kekuasaan.

Keempat, menjalin hubungan diplomatic dan niaga dengan China. Dan sebaliknya China memanfaatkan momen tersebut untuk memudahkan kegiatan berdagang dan politik di kerajaan Sriwijaya.

Kelima, memanfaatkan sumber daya manusia yang kuat dan berpengalaman untuk mengontrol wilayah kekuasaannya di laut, melalui kerjasama yang saling menguntungkan.

(Sumber artikel diambil dari buku Sejarah Maritim Indonesia karya Abd Rahman Hamid)

Artikel Terkini

5 Rempah yang Mebantu Kontrol Gula Darah

Rabu, 24 Januari 2018 - 20:11 WIB