Peta perdagangan Sriwijaya (NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA)
Jalur Rempah, Jalur Penting Perdagangan Dunia
Kamis, 7 Desember 2017 - 19:19 WIB

Jalur Rempah/Jakarta

Sumber tertulis pertama yang menyebut rempah dan beberapa komoditi lain yang diduga berasal dari Nusantara adalah Kitab Perjanjian Lama.

Rempah yang terdiri dari cengkeh, pala, dan bunga pala merupakan hasil hutan yang menurut ahli tumbuhan hanya dihasilkan di Nusantara, khususnya di kepulauan Maluku.

Pertanyaannya bagaimana dan siapa yang membawa komoditi ini hingga jauh ke Timur Tengah? Apakah komoditi dari Maluku ini dibawa secara estafet ke pelabuhan-pelabuhan penting dunia hingga sampai ke timur tengah?

Beberapa abad lalu, Nusantara bagian barat dikenal dengan daerah penghasil lada, tetapi jauh sebelum itu produsen, saudagar, dan konsumen lada dikuasai oleh India. setelah tau lada dari Nusantara kualitasnya jauh di atas lada India, maka para saudagar mulai mencampurnya dengan lada dari Nusantara.

Daya tarik rempah-rempah menjadi dorongan utama perkembangan perdagangan antar bangsa di Asia tenggara.

Melalui komoditi rempah, dapat ditelusuri jalur-jalur pelayaran dan perdagangan sampai seberapa jauh hubungan Maluku dengan dunia luar.

Pada era perdagangan rempah di Asia Tenggara terbentuk jalur-jalur pelayaran yang menghubungkan antara tempat yang memproduksi dan tempat-tempat untuk memasarkan.

Tercatat dalam sejarah pulau produsen rempah ada dikawasan timur Nusantara, seperti Tidore, Ternate, Ambon, dan Kepulauan Banda. Dari pttempat produsen ini rempah di pasarkan secara estafet keseluruh penjuru dunia melalui pelabuhan-pelabuhan penting di dunia.

Artikel Terkini

Kota Pelabuhan, dan Jaringan Perdagangan Islam

Minggu, 10 Desember 2017 - 19:31 WIB

Munculnya Kota-Kota Pelabuhan Baru

Minggu, 10 Desember 2017 - 18:26 WIB

Mereka yang Tak Menjejakkan Kaki di Maluku

Kamis, 7 Desember 2017 - 19:35 WIB