DANNY TUMBELAKA
Cengkeh, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh
Selasa, 5 Desember 2017 - 09:38 WIB


Dian Maharani

Kompas.com/Jakarta

KOMPAS.com – Cengkeh bukan hanya sekedar rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasa masakan. Lebih dari itu, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi cengkeh.

Cengkeh diketahui mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Rempah-rempah berwarna cokelat ini juga mengandung vitamin C, B6, A, D, E, dan K, thiamin, niacin, dan asam folat.

Dalam cengkeh juga terdapat flavonoid, heksana, methalyne, timol, wuthenol benzena, serat asam lemak, dan zat aktif yang disebut eugenol. Euganol berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dan dapat mencegah radang sendi hingga kanker.

Zat-zat maupun vitamin dalam cengkeh itulah yang membawa manfaat kesehatan. Studi terbaru mengungkapkan, cengkeh bisa menurunkan tekanan darah. Berikut manfaat luar biasa dari cengkeh seperti dikutip dari Boldsky.com.

Mengatasi masalah pencernaan

Cengkeh dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Cengkeh dikenal bisa mengurangi perut kembung dan mual. Untuk mengatasi gangguan pencernaan, seduhlah cengkeh bubuk.

Mengontrol gula darah diabetes

Bagi Anda yang mengidap diabetes, konsumsi cengkeh baik untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Menurut penelitian, caranya yaitu dengan mengonsumsi ekstrak cengkeh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cengkeh mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih.

Bahkan, cengkeh dapat menunda reaksi hipersensitivitas. Jadi, konsumsi cengkeh secara teratur dapat melindungi tubuh agar tak mudah sakit.

Mengurangi sakit kepala

Cengkeh juga dipercaya mampu mengurangi rasa sakit kepala dalam beberapa menit. Caranya, minumlah segelas susu yang dicampur cengkeh bubuk secukupnya. Cara tersebut dinilai efektif menurunkan kepala dengan cepat.

Atasi sakit gigi

Cengkeh juga dapat mengatasi sakit gigi dan penyakit mulut seperti gingivitis atau radang gusi hingga periodontitis, yaitu peradangan pada area periodontal. Beberapa cara tradisional untuk mengatasi sakit gigi, yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh.

Artikel Terkini

Kota Pelabuhan, dan Jaringan Perdagangan Islam

Minggu, 10 Desember 2017 - 19:31 WIB

Munculnya Kota-Kota Pelabuhan Baru

Minggu, 10 Desember 2017 - 18:26 WIB

Mereka yang Tak Menjejakkan Kaki di Maluku

Kamis, 7 Desember 2017 - 19:35 WIB