OWNER
Kota Perdagangan
Selasa, 5 Desember 2017 - 08:40 WIB

Jalur Rempah/Jakarta

Kepulauan Indonesia menempati posisis yang strategis yaitu terletak dalam jaringan yang menghubungkan Samudra Hindia dan Laut Cina Selatan.

Karena di kelilingi oleh samudra dan lautan dunia Melayu sangat kuat berkarakteristik maritim dimana laut menjadi sarana utama dalam pertukaran budaya dan kegiatan ekonomi.

Sejak awal abad masehi berbagai pemukiman berupa kota-kota pelabuhan bermunculan di Kepulauan Indonesia di lokasi strategis yang terletak diteluk atau muara-muara sungai.

Meskipun tidak semua kota pelabuhan tersebut menjadi pusat kegiatan perdagangan maritim, namun beberapa diantaranya muncul menjadi pelabuhan penting yang menjadi pusat pengumpul dan distribusi barang yang disebut dengan entrepot.

Kota-kota pelabuhan yang memiliki lokasi strategis dan memiliki kekuatan politik utnuk mengendalikan kegiatan perdagangan di wilayah sekitarnya tumbuh menjadi pusat-pusat perdagangan maritim regional dan internasional.

Kebanyakan dari kota-kota pelabuhan tersebut terletak di jalur perdagangan maritim yang berkembang sebelum kedatangan bangsa barat. Mereka menjdi kekuatan politik yang mengatur dan menentukan perkembangan jaringan perdagangan di wilayah laut sekitarnya maupun di pedalaman.

(Artikel diambil dari buku dengan judul Rempah, Jalur Rempah, dan Dinamika Masyarakat Nusantara karya Djoko Marihandono dan Bondan Kanumoyoso)

Artikel Terkini

Kota Pelabuhan, dan Jaringan Perdagangan Islam

Minggu, 10 Desember 2017 - 19:31 WIB

Munculnya Kota-Kota Pelabuhan Baru

Minggu, 10 Desember 2017 - 18:26 WIB

Mereka yang Tak Menjejakkan Kaki di Maluku

Kamis, 7 Desember 2017 - 19:35 WIB