THE JAKARTA POST FROM SHUTTERSTOCK
Rempah Indonesia Digunakan Masyarakat Romawi Kuno
Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:50 WIB

National Geograpic Indonesia/Jakarta

Masyarakat Romawi Kuno telah menggunakan rempah asli Indonesia di masakan mereka.

Masyarakat Romawi Kuno ternyata sudah mengekspor dan menggunakan rempah-rempah asal Indonesia sejak 400 SM.

Temuan itu berdasarkan penelitian sains di sebuah lokasi penggalian arkeologi di dekat Napoli, Italia.

Riset pada sisa-sisa makanan dari era Romawi Kuno yang dilakukan oleh tim dari Universitas Cincinnati di Amerika Serikat menemukan bahwa masyarakat pada masa itu sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan eksotik.

Tidak hanya berbagai jenis gandum dan buah impor tetapi juga ikan asin dari Spanyol bahkan jerapah dan burung pelikan hingga rempah-rempah khas Indonesia. Sepotong daging jerapah ditemukan di tempat sampah salah satu bangunan rumah kuno.

"Ini adalah satu-satunya jerapah yang ditemukan dari berbagai penggalian arkeologi di situs Romawi kuno Italia," tutur pemimpin riset Steven Ellis dalam pernyataan yang dikutip AFP.

Selama 10 tahun terakhir, Ellis dan timnya meneliti dua kompleks perumahan di Pompeii yang sempat terkubur debu dan lava vulkanis dari letusan Gunung Vesuvius.

Ellis mengatakan temuan berbagai rempah dan bahan makanan eksotis itu menunjukkan bahwa masyarakat Pompeii memiliki "standar hidup yang tinggi" dan membalikkan "persepsi historis tentang pola makan orang Romawi."

(bbc.co.uk)

Artikel Terkini

Cengkeh, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:23 WIB

Harum Rempah, Derita Petani

Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:11 WIB